Rabu, 16 November 2011

Donat unik Donat Bulat Berselai

Siapa yang tidak pernah makan donat? Semua masyarakat Indonesia pasti tahu dan pernah makan donat. Roti berbentuk cincin dengan lubang di tengahnya ini memang cukup digemari masyarakat Indonesia. Selain bentukya yang unik, rasa donat yang enak juga menimbulkan ketertarikan tersendiri. Setiap kita pergi ke toko Roti atau pasar kita pasti akan mudah menemui donat yang dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Beraneka ragam jenis donat dengan rasa yang berbeda dapat kita temui di sana.

Selama ini donat identik dengan panganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Tetapi ternyata masih banyak jenis donat lain. Seperti donat bulat berselai. Untuk membuat donat ini tidak jauh berbeda dengan membuat donat pada umumnya. Untuk membuat donat ini kita memerlukan bahan-bahan 500 gram tepung terigu berprotein tinggi., 50 gram susu bubuk, 11gram ragi instan, 200 gram kentang yang telah dikukus, dihaluskan dan didinginkan., 100 gram gula pasir, 75 gram mentega, 1/2 sendok teh garam, 4 butir telur, 100 ml air dingin, selai aneka rasa, gula es. Bahan-bahan ini dapat dengan mudah kita jumpai di toko roti atau di pasar.

Setelah semua bahan disiapkan, kita bisa memulai membuat donat unik ini. Langkah pertama campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instan lalu aduk rata. Campurkan kembali kentang halus, telur dan air dingin uleni hingga kalis. Setelah bahan-bahan semua tercampur rata diamkan 15 menit. Bagi adonan masing-masing 50 gram. lalu isi dengan selai sesuai selera. Setelah adonan siap, goreng sampai kuning kecoklatan. Kita angkat gorengan tersebut dan ditiriskan hingga semua minyaknya hilang. Setelah dingin dan tidak berminyak, kita taburi donat denga gula es. Nah, donat siap disajikan . :)

Demikianlah proses pembuatan donat bulat berselai. Mudah bukan? Selain unik donat ini juga bergizi dan mengandung protein dari kentang. selain itu donat ini juga mengenyangkan karena mengandung kentang yang berkarbohidrat. Enak, bergizi, unik dapat kita rasakan disetiap gigitan. Donat bulat berselai cocok untuk camilan keluarga. Tertarik untuk mencoba ?

fanny <tugas bahasa indonesia> :p

1 komentar: