Jumat, 23 September 2011

Beberapa Jenis Virus Penyebab Penyakit


A.      VIRUS HIV
HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama sel CD4 sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun.
Virus HIV menyerang sel CD4 dan merubahnya menjadi tempat berkembang biak Virus HIV baru kemudian merusaknya sehingga tidak dapat digunakan lagi. Sel darah putih sangat diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh. Tanpa kekebalan tubuh maka ketika diserang penyakit maka tubuh kita tidak memiliki pelindung. Dampaknya adalah kita dapat meninggal dunia terkena pilek biasa.
B.      Virus mosaik tembakau (TMV)
Tobacco mosaic virus (TMV), juga dikenal sebagai tobamovirus, adalah virus berbentuk batang dengan asam ribonukleat (RNA) yang dikelilingi oleh mantel protein yang menyebabkan-seperti gejala mosaik pada tanaman. virus mosaik tembakau (TMV), juga dikenal sebagai tobamovirus, adalah virus berbentuk batang dengan asam ribonukleat (RNA) yang dikelilingi oleh mantel protein yang menyebabkan-seperti gejala mosaik pada tanaman. virus mosaik tembakau (TMV), juga dikenal sebagai tobamovirus, adalah virus berbentuk batang Artikel Baru asam ribonukleat (RNA) Yang dikelilingi perapian Yang Dibuat protein-menyebabkan gejala seperti mosaik tanaman PADA. Gejala seperti ini ditandai dengan tambalan belang-belang warna hijau atau kuning pada daun tanaman yang terinfeksi. -Seperti gejala Mosaic dicirikan oleh patch belang-belang atau kuning warna hijau pada daun tanaman yang terinfeksi-. Mosaic gejala seperti inisial ditandai Artikel Baru Belang-Belang tambalan Danijel warna kuning hijau daun tanaman PADA Yang terinfeksi. Virus ini menyebabkan fungsi sel abnormal yang biasanya tidak membunuh tanaman namun pertumbuhan stunts. Virus ini menyebabkan fungsi sel abnormal yang biasanya tidak membunuh namun pertumbuhan tanaman stunts. Virus Suami Yang menyebabkan Fungsi sel yang abnormal biasanya tidak stunts namun pertumbuhan tanaman membunuh. Tanaman terinfeksi mungkin memiliki batang rapuh, normal kecil, meringkuk daun, dan buah unripened. Tanaman terinfeksi mungkin memiliki batang rapuh, normal kecil, meringkuk daun, dan buah unripened terinfeksi. Tanaman mungkin memiliki batang rapuh, Kecil normal, daun meringkuk, buah Dan unripened.
virus mosaik tembakau mampu menginfeksi berbagai jenis tanaman, bukan hanya tanaman tembakau. Tembakau virus mosaik yang mampu menginfeksi berbagai jenis tanaman, bukan hanya tanaman tembakau. Virus mosaik Tembakau Yang mampu menginfeksi Pemakaian berbagai tanaman, tanaman tembakau hanya untuk hubungi. TMV menular melalui luka kecil yang disebabkan penanganan, serangga, atau rambut daun yang rusak akibat dari daun gosokan bersama. TMV menular melalui luka kecil yang disebabkan penanganan, serangga, atau rambut daun yang rusak akibat dari daun menggosok bersama-sama menular. TMV tidak aktif Luka Kecil disebabkan penanganan yang, Serangga, daun rambut Danijel Yang Rusak akibat gosokan daun. Virus ini menempel pada dinding sel, RNA yang menyuntikkan ke dalam sel inang, dan memaksa sel inang untuk menghasilkan virus baru RNA dan protein.

C.                  Virus Campak / Virus Rubella adalah adalah virus RNA beruntai tunggal, dari keluarga Paramyxovirus, dari genus Morbillivirus. Virus campak hanya menginfeksi manusia, dimana virus campak ini tidak aktif oleh panas, cahaya, pH asam, eter, dan tripsin (enzim). Ini memiliki waktu kelangsungan hidup singkat di udara, atau pada benda dan permukaan.Virus rubela adalah virus yang menyebabkan terjadinya campak jerman (jerman hanya simbol) yang menyerang anak-anak, orang dewasa, termasuk ibu hamil. Virus rubela dapat menyerang bagian saraf atau otak yang kemudian menyerang kulit ditandai dengan timbulnya bercak merah seperti campak biasa. Virus ini berasal dari keluarga virus Togaviridae dan genus Rubivirus.

D.                 Ebola adalah sejenis virus dari genus Ebolavirus, familia Filoviridae, dan juga nama dari penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. Gejala-gejalanya antara lain muntah, diare, sakit badan, pendarahan dalam dan luar, dan demam. Tingkat kematian berkisar antara 80% sampai 100%. Asal katanya adalah dari sungai Ebola di Kongo. Penyakit Ebola dapat ditularkan lewat kontak langsung dengan cairan tubuh atau kulit. Masa inkubasinya dari 2 sampai 21 hari, umumnya antara 5 sampai 10 hari. Saat ini telah dikembangkan vaksin untuk Ebola yang 100% efektif dalam monyet, namun vaksin untuk manusia belum ditemukan. Sejauh ini, Ebola adalah penyakit yang paling mematikan diseluruh dunia. Kesempatan untuk hidup jika terinfeksi penyakit ini masih 0% alias tidak mungkin, dan sampai sekarang masih dicari vaksinnya. Penderita biasanya bisa langsung meninggal dalam siklus 6 hari sampai 20 hari, alias sangat cepat. Sekarang bisa dikatakan bahwa Ebola adalah penyakit yang paling dihindari untuk terjangkit diseluruh dunia.

E.      Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum. Biasanya, influenza ditularkan melalui udara lewat batuk atau bersin, yang akan menimbulkan aerosol yang mengandung virus. Influenza juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan tinja burung atau ingus, atau melalui kontak dengan permukaan yang telah terkontaminasi. Aerosol yang terbawa oleh udara (airborne aerosols) diduga menimbulkan sebagian besar infeksi, walaupun jalur penularan mana yang paling berperan dalam penyakin ini belum jelas betul.Virus influenza dapat diinaktivasi oleh sinar matahari, disinfektan, dan deterjen. Sering mencuci tangan akan mengurangi risiko infeksi karena virus dapat diinaktivasi dengan sabun.
F.       Penyebab flu burung adalah virus influenza tipe A yang menyebar antar unggas. Virus ini kemudian ditemukan mampu pula menyebar ke spesies lain seperti babi, kucing, anjing, harimau, dan manusia. Virus influenza tipe A memiliki beberapa subtipe yang ditandai adanya Hemagglutinin (H) dan Neuramidase (N). Ada 9 varian H dan 14 varian N. Virus flu burung yang sedang berjangkit saat ini adalah subtipe H5N1 yang memiliki waktu inkubasi selama 3-5 hari. `

G.     irus polio adalah virus yang termasuk dalam famili Picornaviridae dan merupakan penyebab penyakit poliomielitis. Virus ini memiliki diameter ~30 nm, tahan pada keadaan asam (pH 3 atau lebih rendah), dan berbentuk ekosahedral. Virion (partikel penyusun) virus polio terdiri dari empat protein kapsid yang berbeda, disebut VP1, VP2, VP3, dan VP4. Genom (materi genetik) dari virus polio terdiri dari RNA utas tunggal positif (+) yang berukuran 7441 nukleotida.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar